Pemkab Bangka Raih Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik Provinsi Kep. Babel Untuk Ketujuh kalinya

  • Whatsapp

Pangkalpinang, Detakbabelnews.com — Pemkab Bangka untuk yang ke 7 kalinya berturut-turut berhasil meraih Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik di Provinsi Bangka Belitung di Tahun 2020. Penghargaan tersebut diberikan oleh Wakil Gubernur Bangka Belitung kepada Bupati Bangka, Mulkan dalam acara Musrenbang Provinsi Tahun 2020 yang diselenggarakan secara virtual pada hari Senin, 20 April 2020 yang terpusat di Kantor Gubernur di Pangkalpinang.

Keberhasilan Pemkab Bangka Tahun 2018 meraih Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik tersebut, merupakan pengulangan penghargaan serupa yang pernah didapatkan tahun 2014, 2015, 2016, 2017, 2018 dan 2019. Pada Tahun 2014 hingga 2017, Penghargaan tersebut dinamakan sebagai Pangripta Serumpun Sebalai, dengan indikator utama penilaian hanya pada aspek perencanaan pembangunan daerah. Sejak Tahun 2018, Selain Indikator Perencanaan Pembangunan, penilaian Juga dilakukan pada aspek pencapaian pembangunan daerah. Oleh Karena Itu, sejak Tahun 2018, Penghargaan tersebut dinamakan Penghargaan Pembangunan Daerah yang hanya diberikan kepada daerah yang mampu menyusun perencanaan pembangunan terbaik disertai dengan hasil pembangunan yang juga terbaik.

Muat Lebih

Diterimanya Penghargaan Pembangunan Daerah ini, sekaligus dan sekali lagi membuktikan bahwa pada Periode “BANGKA SETARA” 2018-2023”, Pemkab Bangka Merupakan Pemkab dengan Perencanaan dan Pencapaian Pembangunan Daerah Terbaik di Bangka Belitung.

Bupati Bangka, Mulkan, menjelaskan bahwa salah satu alasan mengapa Pemkab Bangka menjadi yang terbaik di Bangka Belitung adalah karena RKPD kami mampu mengakselerasi seluruh pencapaian target makro pembangunan. Hingga tahun 2019, seluruh target pembangunan utama berhasil dilampaui. Indeks Pembangunan Manusia, Gini Rasio, Pertumbuhan Ekonomi, Tingkat Kemiskinan, Nilai Tukar Petani, Pendapatan Per Kapita, dan Indeks Pelayanan Publik masyarakat semuanya mengalami perbaikan siginifikan, melebihi capaian provinsi dan kabupaten/kota lainnya di Babel, bahkan juga mengungguli capaian pembangunan nasional. Pada tahun 2019 juga kami berhasil mempertahan opini WTP dan meraih nilai BB untuk Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerinta. Keberhasilan ini sekaligus menunjukkan bahwa dalam periode kepimpinan kami, periode “BANGKA SETARA 2018-2023” perencanaan dan pencapaian pembangunan Kabupaten Bangka sudah on the right track dan berdampak sangat baik bagi pembangunan daerah.

Dalam pelaksanaan pembangunan, kita juga mengedepankan inovasi yang tidak banyak dilakukan daerah lain. Kebijakan pembangunan yang inovatif ini menjadikan Pemkab Bangka diberikan penghargaan sebagai Pemkab Inovatif indonesia oleh Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi. Beragam inovasi kita lakukan, baik inovasi pelayanan publik, inovasi tata kelola pemerintahan, inovasi perencanaan, inovasi kesehatan, inovasi pendidikan, inovasi sosial, inovasi transportasi, inovasi lingkungan dan berbagai inovasi lainnya. Keseluruhan inovasi ini diakui oleh pemerintah pusat sebagai inovasi terbaik dan mendapatkan penghargaan utama dari seluruh Kementrian.

Kepala Bappeda Kabupaten Bangka Menyatakan Bahwa :
Saat ini, per April 2020 ini, perencanaan dan pembangunan daerah Kabupaten Bangka juga sudah berhasil menembus Top 15 terbaik di indonesia. Sementara sejak Tahun 2016 hingga Tahun 2019, Pemkab Bangka berhasil meraih Top 10 penghragaan Pembangunan Daerah Terbaik Indonesia. Mudah-mudahan di tahun 2020 ini, kita berhasil menembus ke peringkat yang lebih baik.

 

Perencanaan pembangunan Kabupaten Bangka mendapatkan penghargaan karena seluruh kebijakan perencanaan pembangunan, baik kebijakan pertumbuhan ekonomi, kebijakan keuangan, kebijakan pembangunan manusia, kebijakan pembangunan sektor unggulan, kebijakan pemerataan dan kewilayahan, kebijakan lingkungan, maupun kebijakan tata kelola pemerintahan, semuanya sangat inovatif dan mampu memberikan solusi bagi real world problem di Kabupaten Bangka, Bangka Belitung bahkan Indonesia. Strategi dan arah kebijakan pembangunan juga selaras dengan tujuan pembangunan dunia yaitu Sustainable Development Goals.(ad)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *