Bawaslu Babel Pastikan Tidak Ada Data Pemilih Ganda Saat Awasi Coklit di Wilayah Perbatasan

  • Whatsapp

Bangka Tengah, Detakbabelnews.com – Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melakukan supervisi pengawasan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2020 di Dusun C2, Desa Lubuk Pabrik, Kecamatan Lubuk Besar, Rabu (05-08-2020).

Supervisi ini dilakukan untuk melakukan pendampingan kepada jajaran Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah dalam melakukan pencegahan adanya data pemilih ganda, terlebih lagi diwilayah tersebut merupakan wilayah perbatasan yang penduduknya terdiri dari warga Kabupaten Bangka Selatan dan warga Kabupaten Bangka Tengah.

“Wilayah ini merupakan perbatasan, disisni ada penduduk Bangka Tengah namun juga ada Penduduk Bangka Selatan yang tinggal berdampingan, sehingga ini menjadi antisipasi kami untuk mencegah data pendudukan ganda saat proses coklit”, kata Andi Anggota Bawaslu Babel disela-sela supervise.

Dirinya juga menjelaskan Bawaslu selalu melakukan koordinasi dengan KPU dalam proses pencocokan data, “kami selalu koordinasi dengan KPU bahkan dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di dua wilayah ini tentunya berdasarkan KTP Elektronik dari data pemilih”, tegas Andi

Sementara Ketua Bawaslu Kabupaten Bateng Robianto mengatakan bahwa kegiatan supervisi ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk mengevaluasi kegiatan pengawasan yang telah dilakukan oleh Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa.

“Dengan adanya supervisi ini kami dapat turun langsung ke Kelurahan/Desa yang memang dalam proses coklit ini masih banyak kendala yang dihadapi serta untuk memastikan segala sesuatu yang menjadi kendala tersebut dapat terselesaikan dengan baik,” ujar Robi.

Robi juga menambahkan bahwa Kawasan ini merupakan salah satu kerawanan Pemilihan, “Kegiatan pengawasan pada Coklit Data Pemilih pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2020 khusus di Dusun C2 Desa Lubuk Pabrik ini memang sudah kami petakan sebagai salah satu kerawanan Pemilihan. Makanya, kami turun langsung untuk memastikan bahwa kerawanan ini bisa kita atasi bersama”, jelasnya

Hadir dalam kegiatan ini Pimpinan Bawaslu Provinsi Babel Andi Budi Yulianto, Ketua Bawaslu Bateng Robianto, Anggota Bawaslu Bateng Muhamad Utoyo, Kabag Pengawasan dan Humas Bawaslu Provinsi Babel,Hilton Tampubolon, Kasubbag Humas dan Hubal Dedy Mulya, Anggota Bawaslu Basel Azhari, Anggota KPU Bateng, M. Panjitiana, Anggota KPU Basel Rahmad Nadi, Kabid PIAK Disdukcapil Kabupaten Batengg A. Raferi, Ketua dan Anggota Panwaslu Kecamatan Lubuk Besar, Panwaslu Kecamatan Air Gegas, Panwaslu Kelurahan/Desa se-Kecamatan Lubuk Besar, PPK Kecamatan Lubuk Besar, PPS Lubuk Pabrik, PPS Air Gegas.

Diakhir proses Coklit Anggota KPU Kabupaten Bangka Tengah Muhammad Panjitana juga menyampaikan bahwa pihaknya menyambut baik dilaksanakannya kegiatan supervisi ini. Ia pun mengapresiasi dan mengucapkan terima kasihnya kepada telah melakukan pengawasan dengan sangat baik dalam proses coklit ini.

“Dengan adanya data -data hasil pengawasan, tentu bisa sangat membantu kami. Hasil dari lapangan ini akan segera kami tindaklanjuti,” ucapnya. ( Red / Rill ).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *